-->

Ad Unit 1

Apa itu LoLo atau Lift On Lift Off?

2 komentar
Lift On Lift Off atau sering disingkat dengan LoLo, adalah kegiatan bongkar muat kontainer. Istilah LoLo hanya ada di kegiatan impor dan ekspor melalui jalur laut. Dimanakah kegiatan LoLo ini di laksanakan dan kapan waktunya?

Kegiatan LoLo dilaksanakan di dua tempat :
1. Di Depot Kontainer ( Depot Peti Kemas )
a. Kegiatan Lift On di laksanakan saat proses pengambilan kontainer kosong untuk kegiatan ekspor. Ketika perusahaan EMKL menerima surat D/O ekspor dari Eksportir, maka mereka akan pergi ke Depot Kontainer untuk memilih empty container ( kontainer kosong ) yang layak untuk di pakai. Setelah dipilih, kontainer tersebut diambil menggunakan truk trailer. Nah, proses pengambilan kontainer kosong ini dinamakan proses Lift On ( menaikan kontainer ke atas truk trailer )

b. Kegiatan Lift Off dilaksanakan saat proses pengembalian kontainer kosong dalam rangka kegiatan impor. Setelah importir membongkar barang impor di gudangnya, maka kontainer tersebut menjadi kosong dan harus dikembalikan kepada pemiliknya. Pemilik kontainer ini adalah
perusahaan pelayaran. Perusahaan pelayaran ini bekerjasama dengan perusahaan Depot Kontainer. Perusahaan EMKL yang ditunjuk untuk pengeluaran barang impor, harus mengembalikan kontainer tersebut ke Depot Kontainer yang tertera di surat D/O impor, proses pengembalian ini dinamakan proses Lift Off, kenapa Lift Off?. Karena ada kegiatan penurunan kontainer dari atas truk kontainer.

Catatan : Jika anda sebagai perusahaan eksportir / importir yang mengirim / menerima barang dengan menggunakan peti kemas ( kontainer ), maka biaya Lift On akan muncul di nota penagihan EMKL. Biaya ini LoLo ini berdasarkan kuitansi. Dan besaranya berbeda-beda setiap Depot Kontainer nya.

2. Di TPKS ( Tempat Penimbunan Peti Kemas Sementara )
a. Kegiatan Lift On di TPKS adalah kegiatan pemuatan peti kemas / kontainer dari CY ( Container Yard ) ke atas kapal dalam rangka Ekspor.

b. Kegiatan Lift Off di TPKS adalah kegiatan pembongkaran peti kemas / kontainer dari atas kapal untuk di tempatkan di CY ( Container Yard )

Catatan : Jika anda sebagai perusahaan eksportir / importir, biaya LoLo ini tidak akan muncul secara terpisah seperti halnya kegiatan LoLo di Depot Kontainer. Biaya LoLo di TPKS menjadi satu dengan biaya Ocean Freight yang di terbitkan oleh Perusahaan Pelayaran.

Buat temen-temen yang lebih nyaman dengar penjelasal lewat audio, yuk gabung channel
Telegram saya. Disitu saya sharing pengalaman2 saya melalui suara. Klik aja gambar di bawah ini

ya.

Related Posts

2 komentar

  1. Beds antara stevidoring ,car honoring, lift off

    BalasHapus
  2. Siapbos21 adalah sebuah situs Nonton Streaming Bioskop Online disini kalian dapat menonton film sepuasnya tanpa berbayar dan genre yang lengkap sangat memudahkan kalian guys

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter